TERBARU

Sabtu, 27 Agustus 2016

Silabus Mata Kuliah Pendidikan Karakter


SILABUS MATA KULIAH PENDIDlKAN KARAKTER

Program Studi :
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan : 
Tarbiyah, STAI Al Hidayah Bogor 
Jenjang Pendidikan :
Strata Satu (S-1)
Mata Kuliah :
Pendidikan Karakter
Bobot SKS :
2 sks 
Kompetensi Mata Kuliah :
Kompetensi Utama


Deskripsi 

Salah satu isu strategis yang berkembang saat ini adalah pentingnya membangun pendidikan nilai dan karakter sebagai fostulat fundamental dalam rnembentuk kualitas sumber daya rnanusia Indonesia yang berakhlak al karimah. Oleh karena itu, pendidikan nilai dan karakter dipandang strategis dan relevan terutama dalam hal memberikan penguatan basic pendidikan nilai dan karakter dalam semua penyelenggaraan pendidikan Islam. Dalam kaitan inilah, pembelajaran pendidikan nilai dan karakter dianggap sebagai fostulat fundamental sekaligus menjadi spirit atau ruhnya pendidikan Islam yang membedakannya dengan pendidikan lain pada umumnya. Pembelajaran mata kuliah ini akan mewarnai dan menjadi inspirasi dalam pembelajaran mata kuliah lain dengan memberikan tekanan dan pendekatan nilai dan karakter sebagai spirit utama dalam setiap proses pembelajaran. 

Kompetensi

1. Memiliki kemampuan dalam memahami konsep, teori, landasan dan pendekatan nilai dalam proses pendidikan Islam. 
2. Memiliki kemampuan dalam menerapkan dan mengembangkan konsep, teori, landasan dan pendekatan nilai dalam proses penyelenggaraan belajar mengajar. 

Topik Inti

1. Pengertian Pendidikan Nilai dan Karakter. 
2. Tujuan Pendidikan Nilai dan Karakter. 
3. Klasifikasi dan Struktur Nilai dan Karakter. 
4. Teori-Teori tentang Nilai dan Karakter
5. Kesadaran Nilai dan Karakter. 
6. Hubungan Nilai dan Karakter dengan Filsafat dan Pengetahuan yang lain. 
7. Batang Tubuh Pengetahuan Nilai dan Karakter. 
8. Nilai dan Karakter dalam Pendidikan. 
9. Konsep Dasar Pendidikan Nilai dan Karakter. 
10. Urgensi Pendidikan Nilai dan Karakter dalam Sistem Pendidikan Nilai. 
11. Mengembangkan Pendidikan Nilai dan Karakter dalam Kurikulum Sekolah. 
12. Islam sebagai Sumber Nilai dan Karakter dalam Pendidikan. 
13. Pendidikan Islam sebagai Suatu Sistem Nilai dan Karakter.
14. Implementasi Pendidikan Nilai dan Karakter dalam Proses Belajar Mengajar. 

Referensi 

1. Rokhmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. 
2. Djahili AK, Menelusuri Dunia Afektif-Nilai dan Pendidikan Nilai Moral. 
3. Kaswardi EK, Pendidikan Nilai Memasuki tahun 2000. 
4. GF. Kneller, Foundation of Education. 
5. GR. Kniker, You and Values Education. 
6. Hasan Langgulung, Azas-Azas Pendidikan Islam. 
7. Imam Barnadib, Perbandingan Pendidikan. 
8. Mahmud Yunus, Perbandingan Pendidikan Modern di Negara-Negara Islam dan Intisari Pendidikan Barat. 
9. Mazayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam. 
10. AI Ghazali, Ihya 'Ulumuddin. 
11. Depag RI, Al Qur' an dan Terjemahnya. 
12. R. Suganda Poerbakawatja., et al, Sekolah dan Masyarakat. 
13. Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. 
14. Referensi lain yang relevan dengan bidang pembahasan. 

Share this:

Posting Komentar

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates