TERBARU

Minggu, 28 Agustus 2016

Resume Konsep Ilmu


RESUME KONSEP ILMU

A. Pengertian Ilmu

Arti ilmu (science) dalam kamus Oxford English Dictionary: 

1. Informasi dan kecakapan yang diperoleh melalui pengalaman atau pendidikan.
2. Keseluruhan dari apa yang diketahui.
3. Kesadaran atau kebiasaan yang didapat melalui pengalaman akan suatu fakta atau keadaan. 

Definisi ilmu menurut ulama:

1. Seorang pakar filologi Al-Raghib Al-Isfahani (w.443/1060). Dalam karyanya Kamus Istilah Qur’an, ilmu didefinisikan sebagai “persepsi suatu hal dalam hakikatnya”. (al-`ilm idrak al-shay’ bi-haqiqatihi). 
2. Oleh “Hujjat al-Islam” Imam al-Ghazali yang mendefinisikan ilmu sebagai “pengenalan sesuatu atas dirinya” (ma’rifat al-shay’ `ala ma huwa bihi).

B. Ilmu Sebagai Konsep

Konsep dapat didefinisikan dengan rancangan, tata langkah, cara, flowchart (urutan proses kerja). Sasaran ilmu adalah pembentukan konsep, baik untuk kepentingan pengembangan ilmu secara murni (misalnya; untuk menyusun teori dan dan menghasilkan dalil-dalil, atau asas), maupun untuk kepentingan praktis bagi tindakan penerapan nyata. 

Konsep ilmu adalah bagan, rencana, atau pengertian, baik yang bersifat abstrak maupun operasional, yang merupakan alat penting untuk kepentingan pemikiran dalam ilmu atau pengetahuan ilmiah. Sesuatu konsep ilmiah dapat merupakan semacam sarana untuk ilmuwan melakukan pemikiran dalam mengembangkan pengetahuan ilmiah. Konsep ilmu agar dapat berguna secara ilmiah, maka ia harus memiliki dua sifat dasar. Yaitu sifat operasional untuk kepentingan pengamatan (observasi), dan sifat abstrak untuk kepentingan penyimpulan dan generalisasi. ✍

Share this:

Posting Komentar

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates