TERBARU

Rabu, 31 Agustus 2016

Resume Cara Memperoleh Ilmu

RESUME CARA MEMPEROLEH ILMU

A. Hakikat Ilmu Pengetahuan. 

Istilah ilmu pengetahuan diambil dari bahasa arab; alima, ya’lamu, ’ilman yang berarti mengerti atau memahami benar-benar. Dalam bahasa Inggris istilah ilmu berasal dari kata science, yang berasal dari bahasa latins cienta dari bentuk kata kerja scire, yang berarti mempelajari dan mengetahui .Pengetahuan pada dasarnya adalah keadaan mental (mental state). Mengetahui sesuatu adalah menyusun pendapat tentang suatu objek,dengan kata lain menyusun gambaran tentang fakta yang ada diluar akal

Ada dua teori untuk mengetahui hakikat pengetahuan itu, yaitu:

1. Realisme
2. Idealisme

B. Epistemologi

Epistemologi merupakan cabang filsafat yang membicarakan mengenai sumber-sumber, karakteristik, sifat dan kebenaran pengetahuan. Epistemologi sering kali disebut dengan teori pengetahuan atau filsafat pengetahuan, karena yang dibicarakan dalam epistemologi ini berkenaan dengan hal-hal yang ada sangkut pautnya dengan masalah pengetahuan.

C. Perihal Pengetahuan

Pertama, pengetahuan biasa (ordinary knowledge), yaitu pengetahuan yang diperoleh dari hasil penyerapan indera terhadap objek tertentu yang disaksikan dalam kehidupan sehari-hari

Kedua, pengetahuan ilmiah (scientific knowledge), adalah pengetahuan yang diperoleh melalui penggunaan metode-metode ilmiah yang telah terjamin kepastian kebenaran yang dicapai.

Ketiga, pengetahuan filsafati (philosophical knowledge), pengetahuan jenis ini diperoleh melalui pemikiran rasional yang didasarkan pada pemahaman penafsiran, spekulasi, penilaian kristis, dan pemikiran-pemikiran yang logis, analitis, dan sistematis.

D. Aliran-AliranTeoriPengetahuan

1. Aliran Empirisme
2. Aliran Rasionalisme
3. Aliran Positivisme
4. Aliran Intuisionisme

Pengertian wahyu secara etimologi meliputi: 

1. Ilham sebagai bawaan dasar manusia
2. Ilham berupa naluri pada binatang
3. Isyarat yang cepat menurut rumus dan kode
4. Bisikan dan tipudaya setan untuk menjadikan yang buruk kelihatan indah dalam diri manusia
5. Apa yang disampaikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada paramalaikatnya berupa suatu perintah untuk dikerjakan.

Share this:

Posting Komentar

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates