TERBARU

Senin, 29 Agustus 2016

Makalah Sejarah Islam Masa Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam


MAKALAH SEJARAH ISLAM MASA NABI MUHAMMAD SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sejarah perjalanan hidup Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam akan menjadi stok sejarah pertama yang akan diambil oleh generasi demi generasi, dari pewaris nubuwwah (kenabian) dan juga sebagai pengetahuan, lentera aqidah seluruh kaum muslimin serta menjadi acuan yang akan tetap selalu eksis di tengah-tengahnya, sebagai pedoman kehidupan terutama dari sisi kepribadian beliau, akhlak beliau, serta kehidupan sosial beragama dan berbagai aspek lainnya.

Dari sini tampaklah urgensi yang amat sangat penting dari fungsi sejarah kehidupan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam sebagai poros kehidupan kaum muslimin untuk selalu memahami risalah kenabian beliau karena banyak hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya yang bisa diambil pelajarannya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan seorang muslim ketika ia mengaku mencintai nabi-Nya.

Banyaknya lika-liku perjuangan dakwah yang dialami Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam tahap demi tahap tentu menjadikan kekhasan tersendiri bagi dakwah beliau, dengan risalah kenabian yang hingga kini dampaknya masih dirasakan secara luas utamanya kepada umat Islam menjadikan pula dakwah ini begitu banyak perjuangan di dalamnya sehingga tak mudah bagi Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam mengemban risalah ini tanpa berbagai dukungan dari berbagai banyak pihak. Banyaknya usaha yang senantiasa dipupuk guna tegaknya Islam di muka bumi ini dilalui dengan rintangan dan berbagai cobaan yang selalu datang menghampiri beliau.

B. Rumusan Masalah

Berangkat dari latar belakang masalah yang telah disebutkan diatas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah, diantaranya :

1. Bagaimana sejarah kelahiran Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam?
2. Apa saja peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa kenabian Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam?
3. Bagaimana tahapan-tahapan ketika beliau berdakwah di tengah-tengah kaumnya?

C. Tujuan Penulisan

Pada dasarnya tujuan penulisan makalah ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum dalam penyusunan makalah ini adalah untuk mendapatkan nilai tambah mata kuliah Sejarah Peradaban Islam.

Adapun Tujuan khusus penyusunan makalah ini adalah :

1. Untuk mengetahui sejarah kelahiran Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam.
2. Untuk mengetahui berbagai persitiwa yang terjadi di masa Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam.
3. Untuk mengetahui tahapan-tahapan dakwah beliau.

D. Metodologi Penulisan

Penulisan makalah dilakukan dengan menggunakan metode pustaka (library reserch) yaitu mencari dan mengumpulkan data-data ilmiah yang relevan dengan tema yang dibahas dengan mencari bahan dan sumber-sumber melalui rujukan yang terpercaya.

Baca Selengkapnya ==>



Download Makalah : SlideShare

Share this:

Posting Komentar

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates