TERBARU

Senin, 29 Agustus 2016

Makalah Operasi Plastik dan Ganti Kelamin

MAKALAH OPERASI PLASTIK DAN GANTI KELAMIN
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Di dalam masyarakat modern seperti di barat, kebutuhan dan aspirasi masyarakat menempati kedudukan yang tinggi, sehingga berdasarkan itu, suatu produk hukum yang baru dibuat. Dari sini dapat digambarkan bahwa apabila terjadi pergeseran nilai dalam masyarakat, maka interpretasi terhadap hukum pun bisa berubah. 

Masalah operasi ganti kelamin dan operasi plastik telah lama dipertimbangkan oleh kalangan kedokteran dan para praktisi hukum di negara-negara barat. dan pandangan masyarakat tentang ganti kelamin dan bedah plastik berorientasi hanya pada masalah ingin tampil bedah (taghyiru al-jins) atau kecantikan (estetik), seperti sedot lemak, memancungkan hidung, mengencangkan muka, dan lain sebagainya. Sesungguhnya, ruang lingkup bedah operasi ganti kelamin dan operasi plastik sangatlah luas. Tidak hanya masalah estetika, tetapi juga rekonstruksi, seperti pada kasus-kasus luka bakar, trauma wajah pada kasus kecelakaan, cacat bawaan lahir (congenital), seperti bibir sumbing, kelainan pada alat kelamin, serta kelainan congenital lainnya. Namun bukan berarti nilai estetika tak diperhatikan. 

Di Indonesia ini juga pernah dibahas yang melibatkan para ahli kedokteran ahli hukum positif dan hukum Islam. Mengenai pembahasan operasi ganti kelamin atau operasi plastik ini masih terus diperdebatkan. Dengan adanya makalah ini, penulis berharap dapat mengungkapkan suatu pandangan konprehensif mengenai operasi ganti kelamin dan operasi plastik menurut hukum Islam.

B. Rumusan Masalah 

1. Apakah yang dimaksud dengan operasi plastik dan ganti kelamin.
2. Apa saja jenis-jenis operasi plastic
3. Bagaimanakah Hukumnya dalam Islam.

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penulisan makalah ini adalah mempelajari tentang (operasi plastic dang anti kelamin) serta pembahasan yang mencakup ruang lingkup di dalamnya seperti Dalil-dalil dan hikmah atas pelarangannya.

D. Metode Penulisan

Metode penulisan yang dilakukan oleh penyusun adalah dengan menggunakan metode pustaka (Library research) yaitu mencari dan mengumpulkan data-data ilmiah yang relevan dengan tema yang akan dibahas.

Baca Selengkapnya ==>



Download Makalah : SlideShare

Share this:

3 komentar :

  1. Balasan
    1. Cara Downloadnya:
      1. Klik Link downloadnya, Klik "SlideShare" pada tulisan di atas (Download Makalah : Slide Share) atau Copas link ini https://www.slideshare.net/HaristianSahroniPutr/masail-fiqhiyyah-operasi-plastik-dan-ganti-kelamin
      2. Klik Download
      3. Agan Harus login akun SlideShare atau bisa juga pake akun LinkenIn

      Selamat mencoba gan :)

      Hapus
    2. Terimakasih sudah berkunjung,, semoga bermanfaat. :)

      Hapus

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates